Cara Mencegah Kehamilan Setelah Berhubungan Tanpa Pengaman

Cara Mencegah Kehamilan Setelah Berhubungan Tanpa Pengaman

Cara mencegah kehamilan setelah berhubungan tanpa pengaman memang memerlukan perencanaan. Anda dan pasangan harus membicarakan masalah penundaan kehamilan ini dan bekerja sama dalam menerapkan cara mencegah kehamilan tersebut. Berikut cara agar tidak hamil tanpa menggunakan pengaman yang bisa Anda dan pasangan lakukan.

Metode Tarikan

Metode tarikan atau juga dikenal dalam istilah medis yaitu coitus interuptus. Hal ini merupakan salah satu cara kontrasepsi non hormonal dengan tingkat keberhasilan bergantung pada masing-masing orang. Metode tarikan ini biasanya dilakukan oleh pasangan suami istri yang tidak menggunakan alat kontrasepsi apapun.

Cara ini diharapkan agar tidak ada sperma yang masuk ke dalam rahim. Namun metode ini hanya memiliki tingkat keberhasilan sebesar 83 persen saja. Walaupun begitu metode ini lebih baik digunakan daripada tidak menggunakan alat kontrasepsi sama sekali.

Mengonsumsi Pil KB

Pil KB memiliki fungsi untuk mencegah sel telur meninggalkan ovarium dan mengakibatkan lendir serviks menjadi lebih kental sehingga mencegah sperma menempuh sel telur. Ada beragam merek pil KB yang bisa Anda gunakan.

Pil KB yang memiliki tingkat kegagalan hanya 8 persen dan dapat melancarkan menstruasi. Namun pil KB tidak melindungi penggunanya dari penyakit menular seksual dan juga dapat mendatangkan risiko seperti meningkatnya tekanan darah, pembekuan darah hingga payudara yang mengeras.

Dokter akan meresepkan pil KB yang paling baik untuk kesehatan Anda dan juga disesuaikan dengan kesibukan hubungan intim Anda dan pasangan. Pil KB harus Anda konsumsi pada jam yang sama setiap hari. Jika Anda melewatkan waktu konsumsi akan meningkatkan potensi kemungkinan terjadinya kehamilan.

Lakukan Foreplay

Forelay adalah melakukah hubungan intim tanpa melakukan penetrasi yang bisa membantu meningkatkan keintiman dan juga mengurangi ketakutan yang bisa menyebabkan kehamilan. Tidak melakukan penetrasi saat Anda dan pasnagan melakukan hubungan intim bisa dilakukan dengan berbagai macam cara dan juga alasan tertentu.

Tidak melakukan penetrasi merupakan cara mencegah kehamilan setelah berhubungan tanpa pengaman yang paling aman untuk Anda dan pasangan yang belum siap memiliki buah hati dan menjadi orang tua. Tentunya juga cara ini merupakan cara yang paling murah. Anda juga tidak akan mendapatkan efek samping yang berbahaya secara medis.

Hindari Melakukan Hubungan Intim Saat Masa Subur

Anda harus menghindari melakukan hubungan intim saat masa subur. Maka dari itu Anda perlu memperhatikan kalender menstruasi Anda dengan benar. Beberapa ahli berpendapat bahwa 1 atau 2 hari setelah menstruasi selesai merupakan masa dengan peluang untuk mendapatkan kehamilan yang paling rendah.

Itulah cara mencegah kehamilan setelah berhubungan tanpa pengaman yang bisa Anda dalan pasangan lakukan. bicarakan masalah penundaan kehamilan dengan pasangan agar bisa saling mengerti satu sama lain. Kunjungi situs Orami di www.orami.co.id untuk mendapatkan informasi kesehatan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *