Empat Perbedaan Motor Matic dan Manual

Empat Perbedaan Motor Matic dan Manual

Sebagai pilihan berkendara, motor menjadi pilihan yang favorit bagi masyarakat Indonesia saat ini. Secara umum berdasarkan jenis transmisi sepeda motor, maka motor dapat dibedakan menjadi motor matic dan motor manual. Artikel ini menyajikan tentang perbedaan motor matic dan manual sebagai berikut:

1. Perbedaan Transmisi

Perbedaan motor matic dan manual yang paling mendasar adalah perbedaan transmisi diantara kedua motor. Transmisi motor manual dapat dibedakan menjadi kopling dan tanpa kopling. Pada motor manual, transmisi berada pada mesin. Sedangkan motor matic transmisi terletak terpisah dengan mesin karena menggunakan teknologi CVT (Continuously variable transmission). Perbedaan transmisi ini menyebabkan motor manual perlu menggunakan gear untuk berkendara sedangkan matic tidak perlu karena sudah memiliki penggerak otomatis.

2. Perbedaan Pengereman

Perbedaan motor matic dan manual yang kedua yaitu pada letak pengereman. Tuas rem pada motor manual terletak pada sebelah kanan stang serta pada bagian kanan kaki. Tuas rem motor matic berada pada masing-masing stang sehingga lebih praktis. Namun bila berada pada medan yang menurun, maka motor matic cenderung meluncur karena rem hanya berfungsi pada ban. Bila motor manual, pengereman lebih efektif karena didukung pengereman pada mesin.

3. Perbedaan Kebutuhan Oli

Karena memiliki transmisi yang berbeda, maka perawatan motor matic dan motor manual juga terdapat perbedaan oli yang perlu diperhatikan. Hal yang pertama adalah kebutuhan oli dari masing-masing motor. Motor manual memiliki kebutuhan oli yang berfungsi sebagai oli mesin dan oli transmisi, sedangkan motor matic hanya memerlukan oli untuk mesin karena transmisi berada terpisah.

4. Perbedaan Perawatan

Motor manual dan motor matic masing-masing memiliki spare part yang berbeda. Biasanya biaya perawatan dan BBM yang dikeluarkan untuk motor matic lebih besar dibanding motor manual karena kerusakan pada motor matic lebih sulit dideteksi.

Demikian empat hal yang perlu Anda ketahui mengenai Perbedaan motor matic dan manual. Setiap jenis motor memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga penggunaan paling tepat bergantung pada kebutuhan pengguna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *